Cara Menghitung Jumlah Genteng Atap Limas

Cara Mengevaluasi Jumlah Genteng Atap Limas

Prosedur untuk Menilai Tinggi Genteng

Untuk menentukan total genteng yang dibutuhkan dalam pembangunan atap limas, langkah pertama Anda adalah mengukur tinggi genteng. Gunakan alat pengukur tinggi, misalnya pita pengukur atau penggaris yang panjangnya mencukupi. Pasang alat pengukur secara vertikal dari bawah hingga ke puncak genteng. Baca angka yang muncul di alat pengukur sebagai tinggi genteng.

Menghitung Volume Genteng dengan Teliti

Setelah mengetahui tinggi genteng, langkah selanjutnya adalah menghitung volume genteng. Anda bisa menggunakan rumus dasar untuk menghitung volume prisma segiempat, yaitu panjang kali lebar kali tinggi. Dalam kasus ini, tinggi genteng berperan sebagai tinggi prisma, sementara panjang dan lebar genteng bisa disesuaikan dengan ukuran yang tersedia di pasaran. Dengan mengalikan angka panjang, lebar, dan tinggi genteng, Anda akan mendapatkan volume genteng dalam satuan meter kubik.

Menghitung Kebutuhan Genteng per Meter Kubik Atap dengan Akurat

Selanjutnya, hitunglah kebutuhan genteng per meter kubik atap untuk menentukan total genteng yang dibutuhkan secara keseluruhan. Caranya adalah membagi volume genteng yang telah dihitung sebelumnya dengan volume yang biasanya dihasilkan oleh satu meter kubik genteng atap. Perlu diperhatikan bahwa volume yang diproduksi oleh satu meter kubik genteng atap bisa berbeda-beda, bergantung pada jenis dan ukuran genteng yang digunakan. Setelah mendapatkan angka hasil pembagian ini, bulatkan ke angka bulat terdekat untuk menjamin Anda mendapatkan jumlah genteng yang cukup.

Perhitungan jumlah genteng atap limas Keseluruhan dengan Tepat

Setelah mengetahui kebutuhan genteng per meter kubik atap, langkah terakhir adalah menghitung jumlah genteng atap limas secara keseluruhan. Hitunglah luas atap yang akan ditutupi oleh genteng baik di bagian depan, samping, maupun belakang. Selanjutnya, kalikan luas atap dengan kebutuhan genteng per meter persegi yang telah Anda hitung sebelumnya. Hasil perkalian ini akan memberikan estimasi jumlah genteng yang dibutuhkan untuk menutupi seluruh atap limas dengan tepat.