Cara Menghitung Jumlah Hari Berlalu dengan Mudah

Cara Menghitung Jumlah Hari yang Telah Berlalu

Cara Menghitung Jumlah Hari yang Telah Berlalu

Menggunakan Waktu dalam Detik

Untuk menghitung berapa hari yang sudah berlalu, kita bisa menggunakan perhitungan berdasarkan waktu dalam detik. Caranya adalah dengan mengurangi waktu sekarang dengan waktu tertentu yang ingin kita hitung selisihnya. Sebagai contoh, jika waktu tertentu adalah 1 Januari 2022 dan waktu sekarang adalah 15 Januari 2022, maka kita dapat menghitung selisihnya sebagai berikut:

Selisih detik = Waktu sekarang – Waktu tertentu

Jumlah hari yang telah berlalu = Selisih detik / 86400 (jumlah detik dalam sehari)

Menggunakan Perbedaan Tanggal

Metode lain yang dapat kita gunakan untuk menghitung jumlah hari yang telah berlalu adalah dengan menggunakan perbedaan tanggal. Kita bisa mengurangi tanggal sekarang dengan tanggal tertentu yang ingin kita hitung selisihnya. Contohnya, jika tanggal tertentu adalah 1 Januari 2022 dan tanggal sekarang adalah 15 Januari 2022, maka selisihnya dapat dihitung sebagai berikut:

Selisih tanggal = Tanggal sekarang – Tanggal tertentu

Jumlah hari yang telah berlalu = Selisih tanggal

Menggunakan Perbedaan Minggu

Metode lainnya adalah dengan menghitung perbedaan minggu antara tanggal tertentu dan tanggal sekarang. Caranya adalah dengan mengurangi tanggal tertentu dengan tanggal sekarang, kemudian hasilnya dibagi dengan 7 (jumlah hari dalam seminggu). Sebagai contoh, jika tanggal tertentu adalah 1 Januari 2022 dan tanggal sekarang adalah 15 Januari 2022, maka selisihnya dapat dihitung sebagai berikut:

Selisih minggu = (Tanggal sekarang – Tanggal tertentu) / 7

Jumlah hari yang telah berlalu = Selisih minggu * 7

Menggunakan Perbedaan Bulan

Metode terakhir yang dapat kita gunakan adalah dengan menghitung perbedaan bulan antara tanggal tertentu dan tanggal sekarang. Caranya adalah dengan mengurangi bulan tanggal tertentu dengan bulan tanggal sekarang, kemudian hasilnya dikalikan dengan 30 (rata-rata jumlah hari dalam sebulan). Sebagai contoh, jika tanggal tertentu adalah 1 Januari 2022 dan tanggal sekarang adalah 15 Februari 2022, maka selisihnya dapat dihitung sebagai berikut:

Selisih bulan = (Bulan sekarang – Bulan tertentu)

Jumlah hari yang telah berlalu = Selisih bulan * 30