Cara Menghitung Jumlah Hari Kalender di Excel

Cara Menghitung Jumlah Hari Kalender di Excel

Cara Menghitung Jumlah Hari pada Rentang Tanggal yang Diberikan

Untuk menghitung total hari pada rentang tanggal tertentu di aplikasi Excel, Anda bisa menggunakan fungsi DATEDIF. Misalnya, jika Anda ingin mengetahui berapa jumlah hari antara tanggal 1 Januari 2022 dan 31 Maret 2022, gunakan rumus berikut:
=DATEDIF(A1, A2, “d”)
Di sini, A1 menunjukkan tanggal awal (1 Januari 2022) dan A2 menunjukkan tanggal akhir (31 Maret 2022). Fungsi DATEDIF akan memberikan hasil jumlah hari antara kedua tanggal tersebut.

Cara Menghitung Jumlah Hari pada Bulan Tertentu

Apabila Anda ingin mengetahui total hari pada suatu bulan di Excel, Anda dapat menggunakan fungsi EOMONTH. Sebagai contoh, jika ingin mengetahui jumlah hari pada bulan April 2022, gunakan rumus berikut:
=DAY(EOMONTH(“01/04/2022”, 0))
Fungsi EOMONTH akan menghasilkan tanggal terakhir dalam bulan yang ditunjukkan. Kemudian, fungsi DAY akan memberikan angka yang menyatakan jumlah hari pada bulan tersebut.

Cara Menghitung Jumlah Hari Antara Tanggal Awal dan Tanggal Akhir

Untuk menghitung jumlah hari antara tanggal awal dan tanggal akhir di Excel, gunakan rumus berikut:
=DATEDIF(A1, A2, “d”)
Di sini, A1 mewakili tanggal awal dan A2 mewakili tanggal akhir. Fungsi DATEDIF akan memberikan hasil berupa total hari antara dua tanggal tersebut.

Cara Menghitung Jumlah Hari Kerja dalam Sebulan

Bagi Anda yang ingin menghitung jumlah hari kerja dalam sebulan di Excel, dapat menggunakan rumus berikut:
=NETWORKDAYS.INTL(A1, A2, 1)
Di sini, A1 menunjukkan tanggal awal dan A2 menunjukkan tanggal akhir. Rumus ini akan mengabaikan hari libur nasional dan akhir pekan. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan rumus ini dengan hari libur khusus di negara Anda menggunakan angka desimal dari 1 hingga 7.

Dengan menggunakan rumus-rumus di atas, Anda dapat dengan mudah menghitung jumlah hari di Excel. Pastikan untuk mengganti sel referensi dengan rentang tanggal yang sesuai sesuai dengan rumus yang digunakan.