Cara Menghitung Jumlah Leukosit yang Tepat dan Mudah

Menghitung Jumlah Leukosit dengan Berbagai Metode

Metode Hitung Manual

Salah satu cara yang umum digunakan untuk menghitung jumlah leukosit dalam darah adalah metode hitung manual. Melalui prosedur ini, penghitungan dilakukan secara langsung dengan menggunakan mikroskop dan menghitung jumlah sel darah putih pada beberapa bidang pandang. Biasanya, tugas ini diemban oleh staf laboratorium yang memiliki pelatihan khusus dalam melakukan penghitungan ini.

Hematologi Automatisasi

Metode hematologi automatisasi merupakan metode yang menggunakan teknologi modern dalam penghitungan jumlah leukosit. Alat hematologi otomatis menggunakan prinsip flow cytometry untuk menghitung sel darah putih secara akurat dan efisien. Metode ini sangat bermanfaat dalam mendiagnosis penyakit seperti infeksi, leukemia, dan penyakit darah lainnya.

Metode Flow Cytometry

Penggunaan metode flow cytometry didasarkan pada teknik aliran sel untuk menghitung jumlah leukosit. Dalam metode ini, sel darah dihitung satu per satu ketika melewati aliran sempit di dalam flow cytometer. Alat ini akan mendapatkan informasi dari setiap sel yang melewatinya, termasuk jumlah leukosit yang ada. Metode ini memberikan hasil yang akurat dalam waktu singkat.

Metode Hemocytometer

Metode hemocytometer adalah cara tradisional untuk menghitung jumlah leukosit. Pada metode ini, sampel darah diencerkan dan ditempatkan di dalam hemocytometer, yang memiliki susunan kotak-kotak dan garis-garis penghitungan. Sel darah putih kemudian dihitung menggunakan mikroskop pada bidang pandang tertentu. Metode ini memberikan perkiraan jumlah leukosit dalam sampel darah.

Dalam melakukan penghitungan jumlah leukosit, perlu diperhatikan bahwa keakuratan dan ketelitian sangat penting dalam semua metode yang disebutkan di atas. Hasil yang akurat sangat diperlukan dalam situasi klinis untuk mendiagnosis dan menentukan pengobatan yang tepat. Oleh karena itu, setiap metode harus digunakan sesuai dengan kebutuhan dan harus dilakukan oleh individu yang berkompeten di bidang medis atau tenaga medis yang terlatih.

Panduan Menghitung Jumlah Leukosit dengan Menggunakan Mikroskop

Langkah-langkah untuk Mengitung Bilangan Absolut Leukosit

Metode hitung bilangan absolut berguna untuk menghitung jumlah sel leukosit dalam satu mikroliter darah. Pada metode ini, dilakukan observasi sel darah menggunakan mikroskop. Tahap pertama adalah menempatkan sampel darah dalam kompartemen Neubauer, yang terdiri dari kotak-kotak kecil. Selanjutnya, jumlah sel leukosit dihitung dengan mengamati dan menghitung sel leukosit dalam kotak-kotak tertentu. Bilangan absolut dapat dihitung berdasarkan jumlah sel leukosit dalam kotak-kotak tersebut.

Menghitung Jumlah Leukosit dengan Rumus Neubauer

Rumus Neubauer digunakan untuk menghitung jumlah leukosit berdasarkan jumlah sel yang terlihat di bawah mikroskop. Rumus ini mempertimbangkan perbedaan antara sel-sel yang ditemukan dalam kotak-kotak tertentu dan volume darah yang dihitung. Dengan menggunakan rumus ini, kita dapat memperoleh perkiraan jumlah sel leukosit per mikroliter darah secara keseluruhan.

Menghitung Bilangan Absolut Leukosit dengan Rumus Natt & Herrick

Rumus Natt & Herrick adalah metode lain yang digunakan dalam menghitung jumlah leukosit dengan mikroskop. Metode ini juga melibatkan pengamatan sel darah di bawah mikroskop, namun menggunakan rumus yang berbeda. Rumus ini memperhitungkan volume darah spesifik dan jumlah sel leukosit dalam lapangan pandang tertentu.

Penggunaan Perangkat Sysmex dan PCE-210N

Sysmex dan PCE-210N adalah perangkat yang digunakan dalam proses penghitungan jumlah leukosit dengan menggunakan mikroskop. Sysmex adalah alat yang menggunakan teknologi hematologi otomatis untuk menghitung dan menganalisis sel darah, termasuk leukosit, secara cepat dan akurat. PCE-210N, di sisi lain, adalah jenis mikroskop khusus yang dilengkapi dengan sistem komputerisasi untuk menghitung jumlah leukosit dan parameter darah lainnya. Kedua perangkat ini membantu mempermudah proses penghitungan dan menghasilkan data yang lebih akurat dalam menentukan jumlah leukosit.

Dengan menggunakan mikroskop dan metode yang tepat, penghitungan jumlah leukosit dapat dilakukan dengan akurat. Metode hitung bilangan absolut, penggunaan rumus Neubauer, rumus Natt & Herrick, serta perangkat seperti Sysmex dan PCE-210N sangat penting untuk mendapatkan hasil yang akurat dan reliable dalam menentukan jumlah leukosit dalam darah. Semua ini sangat berguna dalam proses diagnosis dan pengukuran kondisi kesehatan berdasarkan jumlah leukosit dalam darah.

Read more: