Cara Menghitung Jumlah Umur di Excel: Panduan Praktis

Menghitung Jumlah Umur di Excel

Menghitung Umur dengan Fungsi DATEDIF

Menghitung jumlah umur di Excel dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi DATEDIF. Fungsi ini memungkinkan kita untuk menghitung selisih antara dua tanggal dengan satuan yang diinginkan, dalam kasus ini adalah tahun. Contoh penggunaan rumus DATEDIF adalah sebagai berikut:

=DATEDIF(TanggalLahir, TanggalSekarang, “Y”)

Dalam rumus tersebut, “TanggalLahir” adalah sel yang berisi tanggal lahir individu dan “TanggalSekarang” adalah sel yang berisi tanggal saat ini. Fungsi ini akan menghasilkan selisih tahun antara kedua tanggal.

Menghitung Umur dengan Rumus TODAY dan YEAR

Alternatif lain adalah menggunakan rumus TODAY dan YEAR. Fungsi TODAY digunakan untuk mengambil tanggal saat ini, sementara YEAR digunakan untuk mendapatkan tahun dari tanggal tertentu. Berikut adalah contoh penggunaan rumus ini:

=YEAR(TODAY()) – YEAR(TanggalLahir)

Dalam rumus tersebut, “TanggalLahir” adalah sel yang berisi tanggal lahir individu. Rumus ini akan menghitung selisih tahun antara tahun saat ini dan tahun kelahiran individu.

Menghitung Umur dengan Fungsi YEARFRAC

Fungsi YEARFRAC adalah opsi lain untuk menghitung jumlah umur di Excel. Fungsi ini menghasilkan selisih desimal antara dua tanggal, yang mewakili selisih dalam tahun. Berikut contoh penggunaan rumus YEARFRAC:

=YEARFRAC(TanggalLahir, TanggalSekarang)

Dalam rumus tersebut, “TanggalLahir” adalah sel yang berisi tanggal lahir individu dan “TanggalSekarang” adalah sel yang berisi tanggal saat ini. Fungsi ini akan menghasilkan selisih tahun dalam bentuk desimal, yang bisa digunakan untuk menghitung umur.

Menghitung Umur dengan Rumus DATEDIF dan TODAY

Metode terakhir adalah dengan menggabungkan rumus DATEDIF dan TODAY. Rumus ini akan menghitung selisih tahun antara tanggal lahir individu dan tanggal saat ini. Contoh penggunaan rumus ini sebagai berikut:

=DATEDIF(TanggalLahir;TODAY();”y”)

Dalam rumus tersebut, “TanggalLahir” adalah sel yang berisi tanggal lahir individu. Rumus ini akan menghasilkan selisih tahun antara tanggal lahir dan tanggal saat ini.

Jadi, ada beberapa cara untuk menghitung jumlah umur menggunakan Excel. Mulai dari menggunakan fungsi DATEDIF, rumus TODAY dan YEAR, fungsi YEARFRAC, hingga menggabungkan rumus DATEDIF dan TODAY. Pilih metode yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Menghitung Umur Seseorang dengan Excel

Menggunakan Fungsi DATEDIF

Read more:

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menghitung umur seseorang di Excel adalah dengan menggunakan fungsi DATEDIF. Fungsi ini akan menghitung selisih antara tanggal lahir dan tanggal saat ini. Untuk memulainya, masukkan tanggal lahir ke dalam sel Excel. Berikutnya, gunakan rumus DATEDIF dengan tanggal lahir sebagai argumen pertama, tanggal saat ini sebagai argumen kedua (dapat menggunakan fungsi TODAY), dan argumen ketiga “y” untuk menampilkan hasil umur dalam tahun.

Menggunakan Rumus TODAY dan YEAR

Selain menggunakan fungsi DATEDIF, Anda juga dapat menghitung umur seseorang di Excel dengan menggunakan kombinasi rumus TODAY dan YEAR. Rumus TODAY akan memberikan tanggal saat ini, sedangkan rumus YEAR mengambil tahun dari tanggal tersebut. Untuk menjalankannya, masukkan tanggal lahir ke dalam sel Excel. Kemudian, gunakan rumus YEAR dengan tanggal lahir dan rumus TODAY sebagai argumen. Hasilnya akan menampilkan umur seseorang dalam tahun.

Menggunakan Fungsi YEARFRAC

Fungsi YEARFRAC juga dapat digunakan untuk menghitung umur seseorang di Excel. Fungsi ini menghitung selisih tahun antara tanggal lahir dan tanggal saat ini dalam desimal. Untuk melakukannya, masukkan tanggal lahir ke dalam sel Excel. Selanjutnya, gunakan rumus YEARFRAC dengan tanggal lahir sebagai argumen pertama dan tanggal saat ini (dapat menggunakan fungsi TODAY) sebagai argumen kedua. Hasilnya akan menampilkan umur seseorang dalam bentuk desimal.

Menggunakan Rumus DATEDIF dan TODAY

Terakhir, Anda juga dapat menghitung umur seseorang di Excel dengan menggunakan kombinasi rumus DATEDIF dan TODAY. Rumus ini mirip dengan penjelasan sebelumnya tentang fungsi DATEDIF, namun kali ini menggunakan rumus TODAY untuk mendapatkan tanggal saat ini. Masukkan tanggal lahir ke dalam sel Excel, lalu gunakan rumus DATEDIF dengan argumen pertama sebagai tanggal lahir dan argumen kedua sebagai rumus TODAY. Hasilnya akan menampilkan umur seseorang dalam tahun.