Cara Menghitung Penjumlahan Pecahan dengan Penyebut Berbeda

Penjumlahan Pecahan dengan Penyebut yang Berbeda

Menyamakan Penyebut

Menghitung penjumlahan pecahan dengan penyebut yang berbeda bisa menjadi tugas yang rumit. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyamakan penyebut pada setiap pecahan yang akan direduksi. Mengenali kelipatan terkecil dari penyebut pada setiap pecahan merupakan strategi dalam menyamakan penyebut.

Mengubah Pecahan dengan Penyebut yang Tidak Sama ke Penyebut Seragam

Sesudah penyebut pada setiap pecahan seragam, langkah berikutnya adalah mengubah pecahan tersebut menjadi penyebut yang seragam pula. Sebagai contoh, jika terdapat pecahan 2/3 dan 1/4, maka perlu mengubah kedua pecahan tersebut menjadi bentuk pecahan dengan penyebut yang sama, misalnya 12.

Menjumlahkan Pecahan dengan Penyebut yang Seragam

Setelah mengubah pecahan yang memiliki penyebut yang berbeda ke bentuk pecahan dengan penyebut yang seragam, langsung dapat menjumlahkan pecahan-pecahan tersebut. Dalam situasi contoh sebelumnya, setelah mengubah 2/3 dan 1/4 ke penyebut 12, penjumlahannya adalah 8/12 + 3/12 = 11/12.

Mengubah Hasil Penjumlahan menjadi Pecahan Asli

Sesudah memperoleh hasil penjumlahan dalam bentuk pecahan, dapat dilakukan langkah mengubahnya menjadi pecahan asli. Misalnya, pada kasus ini, pecahan 11/12 bisa disederhanakan menjadi 11/12 = 11/12 * 1/1 = 11/12.

Demikian cara menghitung penjumlahan pecahan dengan penyebut yang berbeda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, penjumlahan pecahan dengan penyebut yang berbeda menjadi lebih mudah dan teratur.

Metode Penjumlahan Pecahan dengan Penyebut Berbeda dalam Matematika

Mencari Persekutuan Kelipatan dari Penyebut

Dalam dunia matematika, ketika kita ingin menjumlahkan dua pecahan dengan penyebut yang berbeda, langkah awal yang perlu dilakukan adalah mencari persekutuan kelipatan dari kedua penyebut pecahan tersebut. Persekutuan kelipatan adalah bilangan kelipatan yang dapat digunakan untuk menyamakan penyebut pecahan tersebut.

Mengalikan Pecahan dengan Faktor yang Sesuai

Setelah menemukan persekutuan kelipatan dari penyebut pecahan, Langkah selanjutnya adalah mengalikan kedua pecahan dengan faktor yang sesuai agar penyebut pecahan bisa menjadi sama. Proses ini dilakukan agar kita dapat menjumlahkan kedua pecahan tersebut dengan lebih mudah dan akurat.

Menjumlahkan Pecahan dengan Penyebut Berbeda yang Telah Disamakan

Selanjutnya, setelah penyebut kedua pecahan disamakan, langkah berikutnya adalah menjumlahkan pecahan-pecahan tersebut. Pecahan dengan penyebut yang sudah disamakan dapat langsung dijumlahkan dengan menjumlahkan pembilangnya dan menyimpan penyebut yang sama. Hasil penjumlahan ini akan menjadi pembilang dari pecahan hasil penjumlahan.

Mengubah Hasil Penjumlahan ke dalam Bentuk Pecahan Asli

Setelah mendapatkan hasil penjumlahan pecahan dengan penyebut berbeda, langkah terakhir adalah mengubah hasil tersebut ke dalam bentuk pecahan asli apabila diperlukan. Pecahan asli adalah pecahan yang memiliki nilai penyebut yang lebih kecil dan pembilang yang paling sederhana mungkin.

Dengan menggunakan metode mencari persekutuan kelipatan dari penyebut, mengalikan pecahan dengan faktor yang tepat, menjumlahkan pecahan dengan penyebut berbeda yang telah disamakan, dan mengubah hasil penjumlahan menjadi bentuk pecahan asli, kita dapat dengan mudah menyelesaikan penjumlahan pecahan dengan penyebut yang berbeda dalam matematika.

Read more: