Jumlah Kecamatan di Indonesia: Lebih dari 10.000 Kecamatan

Jumlah kecamatan di Tanah Air Indonesia

Jumlah kecamatan di Seluruh Indonesia

Indonesia, sebagai negara terbesar di dunia yang terdiri dari kepulauan, memiliki banyak kecamatan. Sampai saat ini, terdapat lebih dari 8.000 kecamatan yang tersebar di seluruh Nusantara. Setiap kecamatan merupakan wilayah administratif yang berada di bawah kabupaten atau kota.

Provinsi dengan jumlah kecamatan terbanyak

Provinsi yang memiliki jumlah kecamatan terbanyak di Indonesia adalah Papua. Papua memiliki lebih dari 500 kecamatan, menjadikannya provinsi dengan luas wilayah administratif terbesar di Indonesia. Keindahan alam yang kaya dan keberagaman budaya di Papua menjadi alasan mengapa provinsi ini memiliki banyak kecamatan.

Provinsi dengan jumlah kecamatan paling sedikit

Sementara itu, Provinsi Gorontalo merupakan provinsi dengan jumlah kecamatan paling sedikit di Indonesia dengan hanya 5 kecamatan. Meskipun jumlah kecamatan yang terbatas, Provinsi Gorontalo tetap memiliki potensi dan keunikan tersendiri.

Kabupaten/Kota dengan jumlah kecamatan terbanyak

Salah satu kabupaten/kota yang memiliki jumlah kecamatan terbanyak di Indonesia adalah Kabupaten Jayapura di Provinsi Papua. Kabupaten ini memiliki sekitar 40 kecamatan yang meliputi wilayah yang luas dan beragam.

Kabupaten/Kota dengan jumlah kecamatan paling sedikit

Kabupaten dengan jumlah kecamatan paling sedikit di Indonesia adalah Kabupaten Ketapang di Provinsi Kalimantan Barat. Kabupaten ini hanya memiliki 4 kecamatan di dalamnya. Meskipun jumlahnya sedikit, Ketapang merupakan daerah yang memiliki keindahan alam Kalimantan yang kaya.