Kabupaten dengan Penduduk Terbanyak di Jawa Tengah: Mengenal Daerah yang Padat Penduduknya

Kabupaten dengan Jumlah Penduduk Terbesar di Jawa Tengah

Kabupaten Banyumas

Kabupaten Banyumas dikenal sebagai salah satu kabupaten yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di provinsi Jawa Tengah. Terletak di tengah Pulau Jawa, wilayah kabupaten ini memiliki luas sekitar 1.335 kilometer persegi. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, populasi penduduk Kabupaten Banyumas mencapai lebih dari 1,7 juta jiwa.

Kabupaten Cilacap

Kabupaten Cilacap juga turut masuk dalam daftar kabupaten dengan jumlah penduduk terbesar di Jawa Tengah. Terletak di selatan provinsi ini, kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 2.124 kilometer persegi. Berdasarkan data BPS tahun 2020, jumlah penduduk Kabupaten Cilacap mencapai lebih dari 2,5 juta jiwa.

Kabupaten Purbalingga

Kabupaten Purbalingga terletak di tengah provinsi Jawa Tengah dan memiliki luas wilayah sekitar 1.140 kilometer persegi. Kabupaten ini juga termasuk dalam daftar kabupaten dengan penduduk yang cukup banyak. Berdasarkan data BPS tahun 2020, jumlah penduduk Kabupaten Purbalingga mencapai lebih dari 1,2 juta jiwa.

Kabupaten Banjarnegara

Kabupaten Banjarnegara juga termasuk dalam daftar kabupaten dengan penduduk terbanyak di Jawa Tengah. Terletak di bagian tengah Jawa Tengah, wilayah kabupaten ini memiliki luas sekitar 1.162 kilometer persegi. Data BPS tahun 2020 mencatat jumlah penduduknya mencapai lebih dari 1,3 juta jiwa.