Menghitung Jumlah Hari di Excel: Tutorial Praktis

Meng hitung jumlah hari di Excel

Menggunakan Fungsi DATEDIF

Dalam aplikasi spreadsheet Microsoft Excel, terdapat berbagai fungsi yang sangat berguna untuk melakukan berbagai jenis perhitungan, salah satunya adalah meng hitung jumlah hari antara dua tanggal yang diberikan. Fungsi yang dapat digunakan untuk tujuan ini adalah fungsi DATEDIF.

DATEDIF adalah fungsi di Excel yang berfungsi untuk menghitung selisih antara dua tanggal, baik dalam bentuk hari, bulan, maupun tahun. Untuk menghitung jumlah hari antara dua tanggal di Excel, kita bisa menggunakan rumus berikut:

=DATEDIF(tanggal_awal, tanggal_akhir, "d")

Pada rumus tersebut, “tanggal_awal” adalah tanggal pertama yang ingin dihitung, “tanggal_akhir” adalah tanggal terakhir yang ingin dihitung, dan “d” menunjukkan bahwa kita ingin menghitung selisih dalam hari.

Menggunakan Fungsi NETWORKDAYS

Selain menggunakan fungsi DATEDIF, Excel juga menyediakan fungsi NETWORKDAYS yang dapat dipakai untuk menghitung jumlah hari kerja antara dua tanggal. Fungsi ini secara otomatis memperhitungkan hari Sabtu dan Minggu sebagai hari libur.

Untuk menggunakan fungsi NETWORKDAYS, cukup masukkan rumus berikut:

=NETWORKDAYS(tanggal_awal, tanggal_akhir)

Pada rumus di atas, “tanggal_awal” adalah tanggal pertama yang ingin dihitung, dan “tanggal_akhir” adalah tanggal terakhir yang ingin dihitung. Fungsi ini akan memberikan jumlah hari kerja antara dua tanggal tersebut.

Menggunakan Rumus Sederhana

Jika tidak ingin menggunakan fungsi DATEDIF atau NETWORKDAYS, terdapat juga rumus sederhana yang bisa digunakan untuk menghitung jumlah hari antara dua tanggal di Excel.

Rumus sederhana untuk menghitung jumlah hari adalah:

=DATEDIF(tanggal_awal, tanggal_akhir, "d") + 1

Formula tersebut akan menghitung selisih dalam hari antara tanggal pertama dan terakhir, kemudian menambahkan 1 hari ke dalam hasil. Hal ini dilakukan agar hari terakhir juga ikut dihitung.

Menggunakan Fungsi EOMONTH

Read more:

Jika ingin menghitung jumlah hari antara dua tanggal dengan mengabaikan tahun dan bulan, Excel juga memiliki fungsi EOMONTH yang dapat digunakan.

Untuk menggunakan fungsi EOMONTH, gunakan rumus berikut:

=DAYS(EOMONTH(tanggal_awal,-1), tanggal_akhir)

Pada rumus tersebut, “tanggal_awal” adalah tanggal pertama yang ingin dihitung, dan “tanggal_akhir” adalah tanggal terakhir yang ingin dihitung. Fungsi EOMONTH bertujuan untuk menghasilkan tanggal terakhir dalam bulan sebelum tanggal pertama. Selanjutnya, fungsi DAYS digunakan untuk menghitung selisih dalam hari antara tanggal terakhir tersebut dan tanggal terakhir yang diinginkan.

Dengan menggunakan salah satu metode di atas, menghitung jumlah hari antara dua tanggal di Excel dapat dilakukan dengan mudah. Gunakan fungsi atau rumus yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

]

menghitung durasi Tanggal di Excel

Menggunakan Fungsi DATEDIF

Saat bekerja dengan tanggal di Excel, seringkali kita perlu menghitung durasi antara dua tanggal. Salah satu cara untuk melakukan hal ini adalah dengan menggunakan fungsi DATEDIF. Fungsi ini memungkinkan kita untuk menghitung perbedaan antara dua tanggal dalam berbagai format seperti hari, bulan, atau tahun.

Menggunakan Fungsi HOUR, MINUTE, dan SECOND

Bukan hanya menghitung durasi dalam satuan hari, Excel juga dapat membantu kita dalam menghitung durasi dalam satuan jam, menit, dan detik. Fungsi HOUR, MINUTE, dan SECOND siap digunakan untuk melakukan perhitungan ini. Kita dapat menggunakannya untuk menghitung durasi antara dua waktu atau tanggal dengan melakukan operasi matematika sederhana.

Menggunakan Fungsi TIMEDIFF

Salah satu cara lain untuk menghitung durasi tanggal di Excel adalah dengan menggunakan fungsi TIMEDIFF. Fungsi ini akan menghasilkan selisih waktu antara dua tanggal atau waktu dalam bentuk jam, menit, dan detik. Dengan menggunakan fungsi ini, perhitungan durasi menjadi lebih mudah. Kita hanya perlu memasukkan nilai awal dan akhir untuk mendapatkan hasilnya.

Menggunakan Fungsi NOW dan TODAY

Fungsi NOW dan TODAY merupakan dua fungsi bawaan Excel yang sangat berguna untuk menghitung durasi tanggal. Fungsi NOW digunakan untuk mengambil tanggal dan waktu saat ini, sedangkan fungsi TODAY digunakan untuk mengambil tanggal hari ini. Kedua fungsi ini dapat digunakan untuk menghitung durasi antara waktu sekarang dan waktu tertentu atau antara hari ini dan tanggal tertentu.

Dengan menggunakan kombinasi dari fungsi-fungsi di atas, kita dapat dengan mudah menghitung durasi tanggal di Excel. Excel menyediakan berbagai fitur dan alat yang sangat membantu dalam melakukan perhitungan dan analisis data, termasuk perhitungan durasi tanggal. Jadi, tidak perlu khawatir saat harus menghitung durasi tanggal di Excel karena Excel telah memberikan solusi yang efektif.