Rumus Excel Menghitung Jumlah Cell Yang Terisi Angka

Rumus Excel Menghitung Jumlah Cell yang Terisi Angka

Excel Memudahkan Penghitungan Jumlah Sel Berisi Angka

Menggunakan Rumus SUMPRODUCT

Rumus SUMPRODUCT adalah salah satu formula yang bisa Anda gunakan dalam Excel untuk menghitung jumlah sel yang terisi angka. Formula ini sangat berguna saat Anda ingin menjumlahkan nilai dalam beberapa sel dengan kriteria tertentu.

Contohnya, jika Anda ingin menghitung jumlah sel angka pada rentang A2:A10, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

SUMPRODUCT(--(ISNUMBER(A2:A10)))

Dalam rumus ini, fungsi ISNUMBER digunakan untuk memeriksa apakah nilai dalam sel merupakan angka. Apabila benar, maka akan menghasilkan nilai TRUE , jika salah, akan menghasilkan nilai FALSE .

Dengan adanya tanda minus ( -- ) sebelum tanda kurung, fungsi ini akan mengkonversi nilai TRUE dan FALSE menjadi 1 dan 0 pada rumus SUMPRODUCT.

Dengan cara ini, rumus SUMPRODUCT akan menjumlahkan hanya sel-sel yang berisi angka, dan mengabaikan sel-sel yang tidak berisi angka.

Menggunakan Rumus SUM

Rumus SUM adalah salah satu formula sederhana yang bisa digunakan untuk menghitung jumlah sel yang terisi angka. Formula ini berguna saat Anda ingin menjumlahkan sel-sel pada rentang tertentu.

Contohnya, jika Anda ingin menghitung jumlah sel angka pada rentang A2:A10, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

SUM(A2:A10)

Dalam rumus ini, rentang A2:A10 menunjukkan sel-sel mana yang akan dijumlahkan.

Sesuai dengan sifatnya yang sederhana, rumus SUM ini akan menjumlahkan semua sel yang terdapat dalam rentang yang diberikan.

Menggunakan Rumus SUBTOTAL

[[READMORE]]

Rumus SUBTOTAL dapat digunakan untuk menghitung jumlah sel angka dalam suatu rentang dengan melibatkan filter data yang terdapat di Excel. Formula ini akan memberikan hasil yang sesuai dengan konfigurasi filter yang diterapkan.

Dalam penggunaannya, rumus SUBTOTAL akan menghasilkan nilai yang berbeda tergantung pada tipe operasi yang digunakan.

Contohnya, jika Anda ingin menghitung jumlah sel angka pada rentang A2:A10 dengan mengabaikan data yang disembunyikan oleh filter, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

Also read:
jumlah daerah di indonesia yang memiliki otonomi khusus adalah
berapakah jumlah nol dari sepuluh juta satu rupiah

SUBTOTAL(9, A2:A10)

Dalam rumus ini, angka 9 menunjukkan tipe operasi penjumlahan. Rentang A2:A10 menunjukkan sel-sel mana yang akan dijumlahkan.

Dengan mengatur tipe operasi yang sesuai, rumus SUBTOTAL akan memperhitungkan filter yang diterapkan dan menghasilkan jumlah sel angka dengan mempertimbangkan data yang terlihat.

Menggunakan Rumus DSUM

Rumus DSUM berguna ketika Anda ingin menghitung jumlah sel angka pada rentang tertentu dengan kriteria yang ditentukan.

Contohnya, jika Anda ingin menghitung jumlah sel angka pada rentang A2:C10 dengan kriteria tertentu, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

DSUM(A2:C10, "Kolom 2", B14:C15)

Dalam rumus ini, argumen pertama A2:C10 menunjukkan rentang sel yang akan digunakan. Argumen kedua "Kolom 2" menentukan kriteria untuk kolom yang akan dijadikan acuan. Dan argumen ketiga B14:C15 menunjukkan rentang sel yang berisi kriteria.

Dengan cara ini, rumus DSUM akan menjumlahkan sel-sel pada rentang yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan.

Didalam Microsoft Excel terdapat beberapa rumus yang dapat membantu Anda menghitung jumlah sel angka. Paham akan rumus-rumus tersebut, Anda dapat melakukan perhitungan secara efisien dan akurat.