Rumus Excel Menghitung Jumlah Data dengan Kriteria

Menghitung Jumlah Data dengan Kriteria menggunakan Rumus Excel

Memanfaatkan Fungsi SUMIF

Fungsi SUMIF adalah salah satu rumus Excel yang bisa digunakan untuk menghitung jumlah data berdasarkan suatu kriteria tertentu. Rumus ini sangat berguna saat ingin menjumlahkan nilai-nilai yang memenuhi syarat tertentu dalam satu rentang data.

Memanfaatkan Fungsi SUMIFS

Fungsi SUMIFS memiliki fungsi yang serupa dengan SUMIF, tetapi bisa digunakan untuk menghitung jumlah data dengan beberapa kriteria sekaligus. Dengan menggunakan rumus ini, Anda bisa menyaring data sesuai kriteria yang ditentukan dan menjumlahkan nilai-nilai yang memenuhi syarat.

Memanfaatkan Fungsi COUNTIF

Fungsi COUNTIF adalah rumus Excel yang digunakan untuk menghitung jumlah data sesuai dengan suatu kriteria yang diinginkan. Rumus ini sangat berguna dalam mencari jumlah data yang memenuhi syarat tertentu dalam rentang data yang diberikan.

Memanfaatkan Fungsi COUNTIFS

Fungsi COUNTIFS hampir sama dengan COUNTIF, tetapi bisa digunakan untuk menghitung jumlah data dengan lebih dari satu kriteria. Dalam rumus ini, Anda bisa menentukan beberapa kriteria untuk menyaring rentang data dan menghitung jumlah data yang memenuhi semua kriteria yang diinginkan.

Rumus Excel Menghitung Jumlah dengan Kriteria Tertentu

Rumus Excel Menghitung Jumlah dengan Kriteria Tertentu

Melakukan Perhitungan Jumlah dengan Kriteria Tertentu dalam Microsoft Excel Menggunakan Rumus SUMPRODUCT

Rumus yang sangat handal untuk melakukan perhitungan jumlah data dengan kriteria tertentu dalam program Microsoft Excel adalah menggunakan fungsi SUMPRODUCT. Dengan menggabungkan fungsi SUM dan IF, rumus ini memungkinkan penggunanya untuk dengan mudah menghitung jumlah data yang memenuhi syarat tertentu yang ditentukan sebelumnya.

Menggunakan Rumus DSUM untuk Menghitung Jumlah Data dengan Kriteria Tertentu

Satu lagi rumus yang berguna adalah DSUM, yang memungkinkan pengguna untuk menghitung jumlah data dengan kriteria tertentu secara lebih spesifik. Dalam penggunaan rumus DSUM, Anda harus menentukan rentang data yang akan dihitung, kriteria yang ingin Anda terapkan, dan juga rentang kriteria tersebut.

Menghitung Jumlah Data dengan Kriteria Tertentu Menggunakan Fungsi SUBTOTAL

Read more:

Selain menggunakan rumus-rumus sebelumnya, Anda juga dapat menggunakan fungsi SUBTOTAL untuk menghitung jumlah data dengan kriteria tertentu. Fungsi ini memiliki pilihan operasi seperti penjumlahan (SUM), menghitung jumlah data (COUNT), menghitung rata-rata (AVERAGE), dan lainnya, yang dapat diterapkan pada rentang data yang Anda tentukan.

Perhitungan Rata-Rata Data dengan Kriteria Tertentu Menggunakan Fungsi AVERAGEIF

Salah satu rumus terakhir yang dapat digunakan untuk menghitung rata-rata data dengan kriteria tertentu adalah fungsi AVERAGEIF. Dengan menggunakan rumus ini, Anda dapat dengan mudah menghitung rata-rata hanya pada data yang memenuhi syarat yang Anda tentukan sebelumnya.