Soal Cerita Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Kelas 3 Sd

![Soal Cerita penjumlahan pecahan Kelas 3 SD](https://tse1.mm.bing.net/th?q=soal-cerita-penjumlahan-pecahan-kelas-3-sd-soal-cerita-penjumlahan-dan-pengurangan-pecahan-kelas-sd)

penjumlahan pecahan dalam matematika Kelas 3 SD

Penjumlahan Pecahan Biasa

Penjumlahan pecahan biasa merupakan salah satu konsep matematika yang sering ditemui dalam kelas 3 SD. Pecahan biasa adalah angka pecahan yang memiliki penyebut yang sama. Contoh soal: Jika Ani mendapatkan 1/3 bagian dari kue dan Budi mendapatkan 1/4 bagian dari kue yang sama, berapa banyak kue keseluruhan yang mereka dapatkan?

Penjumlahan Pecahan Campuran

Penjumlahan pecahan campuran juga termasuk dalam pembelajaran matematika kelas 3 SD. Pecahan campuran adalah gabungan antara bilangan bulat dan pecahan biasa. Contoh soal: Andi memiliki 2 1/2 liter air sedangkan Budi memiliki 3/4 liter air. Berapa jumlah air yang mereka miliki secara total?

Penjumlahan Pecahan dengan Bilangan Bulat

[[READMORE]]

Salah satu materi yang perlu dipahami dalam matematika kelas 3 SD adalah penjumlahan pecahan dengan bilangan bulat. Contoh soal: Ani memiliki 1/2 buah apel sementara Budi memiliki 2 buah apel. Berapa total jumlah apel yang mereka miliki?

Penjumlahan Pecahan dalam Satuan Uang

Penjumlahan pecahan dalam satuan uang juga menjadi bagian penting dalam pembelajaran matematika kelas 3 SD. Contoh soal: Andi memiliki uang sebesar Rp 5000 dan Budi memiliki uang sebesar Rp 2500. Berapa total uang yang dimiliki keduanya secara keseluruhan?

Ilustrasi Soal Cerita Pengurangan Pecahan Kelas 3 SD

pengurangan pecahan dalam Matematika Kelas 3 SD

pengurangan pecahan Biasa

Dalam matematika, pengurangan pecahan biasa adalah sebuah operasi yang dilakukan untuk mengurangi dua pecahan dengan denominasi yang sama. Misalnya, jika kita memiliki pecahan 3/4 dan ingin menguranginya dengan 1/4, maka hasilnya adalah 2/4 atau dapat disederhanakan menjadi 1/2. Berikut ini adalah beberapa contoh soal cerita yang menguji kemampuan pengurangan pecahan biasa untuk siswa kelas 3 SD:

Di sebuah toko roti, Ibu membeli 2/3 roti. Kemudian dia memberikan 1/3 roti kepada adiknya. Berapa roti yang tersisa?

Pengurangan Pecahan Campuran

Selain pengurangan pecahan biasa, pengurangan pecahan campuran juga sering ditemui dalam matematika. Pecahan campuran terdiri dari bilangan bulat dan pecahan biasa. Misalnya, jika kita memiliki pecahan campuran 2 1/2 dan ingin menguranginya dengan 1/2, maka hasilnya adalah 2. Berikut ini adalah contoh soal cerita pengurangan pecahan campuran yang cocok untuk siswa kelas 3 SD:

Seorang petani memiliki 3 1/4 liter susu. Kemudian dia menggunakan 1/4 liter susu untuk membuat kue. Berapa liter susu yang tersisa?

Pengurangan Pecahan dengan Bilangan Bulat

Also read:
hasil penjumlahan dari 4 1 3 2 3 5 adalah
sebutkan jumlah tuts putih dan hitam pada pianika

Selain itu, kita juga dapat melakukan pengurangan pecahan dengan bilangan bulat. Misalnya, jika kita memiliki pecahan 3/4 dan ingin menguranginya dengan bilangan bulat 1, maka hasilnya adalah -1/4. Berikut ini adalah contoh soal cerita pengurangan pecahan dengan bilangan bulat yang bisa dipelajari oleh siswa kelas 3 SD:

Seorang anak memiliki 5/8 permen. Dia memberikan 3 permen kepada temannya. Berapa jumlah permen yang dimiliki anak sekarang?

Pengurangan Pecahan dalam Satuan Uang

Pengurangan pecahan juga dapat diterapkan dalam satuan uang. Misalnya, jika kita memiliki uang sejumlah Rp 2.500 dan ingin menguranginya dengan pecahan Rp 1.000, maka hasilnya adalah Rp 1.500. Berikut ini adalah contoh soal cerita pengurangan pecahan dalam satuan uang yang cocok untuk siswa kelas 3 SD:

Seorang anak memiliki uang sejumlah Rp 5.000. Lalu dia menggunakan uang sejumlah Rp 1.500 untuk membeli pensil. Berapa jumlah uang yang tersisa?