Tentukan Tiga Bilangan Genap Berurutan Yang Jumlahnya Sama Dengan 90

Ilustrasi Tiga Bilangan Genap Berurutan dengan Jumlah 90

Tiga Bilangan Genap Berurutan yang Jumlahnya Sama dengan 90

Menemukan Tiga Bilangan Genap Berurutan dengan Total 90

Apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana cara menemukan tiga bilangan genap berurutan yang jumlah totalnya sama dengan 90? Jangan khawatir, kami akan memberikan langkah-langkah yang jelas untuk mencapainya.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memilih dua bilangan genap berurutan sebagai awal. Misalkan, kita ambil angka pertama sebagai x dan angka kedua sebagai x+2.

Selanjutnya, tentukan angka ketiga dengan menjumlahkan angka pertama dan kedua. Dalam contoh ini, angka ketiga akan menjadi x + (x+2).

Langkah kunci berikutnya adalah menyelesaikan persamaan x + (x+2) = 90 untuk mendapatkan nilai x.

Saat Anda telah menemukan nilai x, maka Anda dapat dengan mudah menentukan tiga bilangan genap berurutan dengan menggunakan nilai tersebut.

Sebagai contoh, mari kita menyelesaikan permasalahan ini dengan mengambil angka pertama (x) sebagai 2. Maka, angka kedua akan menjadi 2+2=4 dan angka ketiga akan menjadi 2+(2+2)=6.

Maka dari itu, tiga bilangan genap berurutan yang jumlah totalnya adalah 90, yaitu 2, 4, dan 6.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menemukan tiga bilangan genap berurutan dengan jumlah total yang berbeda sesuai dengan persamaan yang diberikan.

Gambar Tiga Bilangan Genap Berurutan dengan <a href=jumlah 90 dalam Bahasa Indonesia” src=”https://jumlah.id/wp-content/uploads/images/tiga-bilangan-genap-berurutan-dengan-jumlah-90-dalam-bahasa-indonesia-tentukan-tiga-bilangan-genap-berurutan-yang-jumlahnya-sama.webp”/>

Mencari Tiga Bilangan Genap Berurutan yang Jumlahnya Sama dengan 90

Contoh Penyelesaian: 2, 4, 6

Dalam ilmu matematika, terdapat berbagai macam permasalahan yang berkaitan dengan bilangan. Salah satu permasalahan yang dapat dipecahkan adalah mencari tiga bilangan genap berurutan yang jumlahnya sama dengan 90. Bagaimana cara mencarinya?

langkah-langkah Mencari Bilangan Genap Berurutan dengan Jumlah 90

[[READMORE]]

langkah-langkah untuk menemukan tiga bilangan genap berurutan yang jumlahnya sama dengan 90 cukup sederhana. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Tentukan bilangan genap pertama. Karena kita ingin mencari tiga bilangan genap berurutan, kita dapat memulai dengan bilangan genap terkecil. Dalam kasus ini, bilangan genap pertama adalah 2.
  2. Also read:
    faktor yang menyebabkan senyawa karbon banyak jumlahnya adalah
    cara menjumlah di excel dari atas ke bawah

  3. Tentukan bilangan genap berikutnya. Kita tahu bahwa bilangan genap berikutnya akan selalu memiliki selisih 2 dengan bilangan sebelumnya. Maka, bilangan genap berikutnya adalah bilangan genap pertama + 2 = 2 + 2 = 4.
  4. Tentukan bilangan genap ketiga. Dengan menggunakan konsep yang sama, bilangan genap ketiga akan memiliki selisih 2 dengan bilangan genap kedua. Jadi, bilangan genap ketiga adalah bilangan genap kedua + 2 = 4 + 2 = 6.

Jumlah ketiga bilangan genap tersebut adalah 2 + 4 + 6 = 12. Namun, jika kita ingin mencapai jumlah 90, kita perlu mengalikan setiap bilangan genap dengan suatu konstanta. Oleh karena itu, kita memerlukan langkah tambahan.

Tentukan konstanta yang diperlukan untuk mengalikan setiap bilangan genap sehingga jumlahnya menjadi 90. Dalam hal ini, konstanta yang diperlukan adalah 90/12 = 7.5. Kita bisa mengalikan setiap bilangan genap yang telah ditentukan sebelumnya dengan konstanta tersebut untuk mendapatkan tiga bilangan genap berurutan dengan jumlah 90.

Jadi, untuk menemukan tiga bilangan genap berurutan yang jumlahnya sama dengan 90, kita dapat menggunakan langkah-langkah berikut:

  1. Tentukan bilangan genap pertama = 2.
  2. Tentukan bilangan genap kedua = bilangan genap pertama + 2 = 2 + 2 = 4.
  3. Tentukan bilangan genap ketiga = bilangan genap kedua + 2 = 4 + 2 = 6.
  4. Tentukan konstanta = 90/12 = 7.5.
  5. Kalikan setiap bilangan genap dengan konstanta = 2 * 7.5 = 15, 4 * 7.5 = 30, 6 * 7.5 = 45.

Maka, tiga bilangan genap berurutan yang jumlahnya sama dengan 90 adalah 15, 30, dan 45.