Untuk Menghitung Jumlah dalam Suatu Range, Gunakan Formula

Meng hitung jumlah dalam Suatu Range

Rahasia Menghitung Total Perhitungan dalam Suatu Range

Memanfaatkan Formula untuk Menghitung Jumlah

Dalam dunia matematika, terdapat sebuah rumus yang sangat berguna untuk menghitung total dalam suatu rentang angka. Rumus yang kita butuhkan untuk meng hitung jumlah dari range tersebut adalah:

Total = 1/2 * (angka pertama + angka terakhir) * jumlah angka

Menentukan Rentang Angka pada Perhitungan

Sebelum kita mengaplikasikan rumus tersebut, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan rentang angka yang ingin kita hitung jumlahnya. Rentang angka ini bisa berupa kisaran dari angka terkecil hingga angka terbesar. Misalnya, jika kita ingin menghitung total angka dari 1 hingga 10, maka rentang angkanya adalah 1 sampai 10.

Menggabungkan Nilai ke dalam Rumus

Setelah rentang angka ditentukan, selanjutnya kita masukkan nilai pertama dan nilai terakhir dari rentang itu ke dalam rumus yang telah disebutkan sebelumnya. Misalnya, jika rentang angka yang kita gunakan adalah 1 sampai 10, maka kita masukkan nilai pertama = 1 dan nilai terakhir = 10 ke dalam rumus ini.

Menghasilkan Jumlah Total dalam Rentang Angka

Setelah nilai-nilai yang diperlukan dimasukkan ke dalam rumus, kita dapat menghitung total angka dalam rentang tersebut dengan menjalankan rumus tadi. Dalam contoh sebelumnya, hasilnya adalah 55.

Contoh Penggunaan Rumus dalam Perhitungan

Contoh Penggunaan Rumus dalam Perhitungan

Menentukan Rentang dari 1 hingga 10

Dalam bidang matematika, rentang merujuk pada jangkauan nilai dari awal hingga akhir. Pada contoh ini, kita akan menentukan rentang bilangan dari 1 hingga 10.

Menggunakan Rumus untuk Menghitung Jumlah Deret Aritmatika

Untuk menghitung jumlah dalam suatu rentang, kita bisa menggunakan rumus yang dikenal dengan Jumlah Deret Aritmatika. Rumus ini dapat digambarkan sebagai berikut:

Sn = (n/2) * (a1 + an)

di mana Sn adalah jumlah deret, n adalah jumlah bilangan dalam deret tersebut, a1 adalah bilangan pertama dalam deret, dan an adalah bilangan terakhir dalam deret.

Mengganti Nilai dalam Rumus tersebut

Read more:

Pada contoh ini, kita ingin menghitung jumlah dari bilangan 1 hingga 10. Oleh karena itu, kita dapat menggantikan n dengan 10, a1 dengan 1, dan an dengan 10 dalam rumus yang telah disebutkan sebelumnya:

Sn = (10/2) * (1 + 10)

Sn = 5 * 11

Sn = 55

Mendapatkan Hasil Total 55 untuk Jumlah dalam Rentang 1-10

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat menentukan bahwa jumlah dari bilangan 1 hingga 10 adalah 55 menggunakan rumus Jumlah Deret Aritmatika.